Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Tanah Datar Pilwanag Badunsanak, Bupati Eka: Bersama Kita Sukseskan

12/01/21, 13:30 WIB Last Updated 2021-12-10T17:18:32Z
pesona-indonesia


Topsumbar.com | Tanah Datar - Sebanyak 21 nagari dari total 75 nagati di Kabupaten Tanah Datar bakal menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) serentak pada 16 Desember 2021 mendatang. 


Berbagai tahapan untuk menghelat pesta demokrasi nagari bertajuk Pilwanag Badunsanak tersebut sudah dilakukan. 


Guna mewujudkan pemilihan yang aman, sukses dan lancar, Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Forkopimda dan panitia pelaksana menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan launching Pilwanag serentak tahun 2021 di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu (1/12/2021).


Dalam sambutannya, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan jika pelaksanakan Pilwanag sudah beberapa kali tertunda karena situasi pandemi COVID-19. Tahapan Pilwanag serentak yang telah di mulai pada tahun 2020 harus terhenti pada tahapan penetapan bakal calon wali nagari. 





Hal demikian kata Bupati Eka, terjadi sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 141/2577 tanggal 24 Maret 2020, perihal saran penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan pemilihan kepala desa antar waktu.


“Penundaan Pilwanag menyebabkan bertambah panjangnya masa tugas penjabat wali nagari, sehingga ada yang harus diganti penjabatnya akibat penjabat wali nagari lama telah memasuki masa pensiun atau mutasi jabatan di pemerintahan daerah. Namun, Alhamdulillah pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang Pilwanag akan dilaksanakan,” kata Bupati.


Bupati Eka juga menaruh harapan agar Pilwanag secara serentak terlaksana dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti dan pemilihan yang mengedepankan azas jujur, adil, rahasia dan demokratis, serta dilaksanakan dengan mematuhi prokes supaya tidak terjadi penyebaran COVID-19. 





"Sehingganya wali nagari yang terpilih nanti merupakan wali nagari yang telah melewati proses dengan baik dan merupakan wali nagari pilihan masyarakat nagari," harap Bupati. 


Selain itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan Pilwanag yang akan dilaksanakan pada tahun ini merupakan salah satu agenda besar pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar yang harus disukseskan secara bersama­ sama.


"Untuk itu, mari kita laksanakan Pilwanag secara badunsanak dan gunakan hak pilih untuk menentukan yang terbaik dari calon yang sudah di tetapkan,” ajak Bupati Eka saat pemukulan gong didampingi Forkopimda Tanah Datar dan turut hadir Forkopimda kota Padang Panjang.


Senada, Kapolres Tanah Datar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo, mewakili Forkopimda mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Pilwanag serentak 16 Desember 2021 mendatang dengan taat aturan, konsisten dan sportif. 





"Mari kita sukseskan Pilwanag nanti, khusus panitia jangan sampai ada yang memihak kepada salah satu calon dan jalankan prokes COVID-19 dengan harapan jangan sampai terjadi penyebaran COVID-19,” pesan Kapolres. 


Sebelumnya Ketua Pelaksana Pilwanag Kabupaten Tanah Datar, Nofenril, menyampaikan Pilwanag serentak tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021, digelar pada 21 nagari yang tersebar di 11 Kecamatan dengan jumlah TPS sebanyak 232.


"Sedangkan jumlah calon wali nagari sebanyak 93 orang dan wajib pilih 75.987 pemilih dengan rincian 37.197 laki-laki dan 38.231 perempuan," rincinya. 


Ia menambahkan, pada hari pelaksanaan Pilwanag serentak di 21 nagari akan dilaksanakan libur bersama. 


"Hal demikian bertujuan guna menyukseskan Pilwanag serentak badunsanak 2021, semoga aman dan lancar. 


Hadir pada kesempatn tersebut Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Pimpinan OPD, Camat, Panitia pilwanag kecamatan dan puluhan calon walinagari. Prokopim heri/nanda, salah seorang calon wali nagari Kenagarian Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh, Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo, mengatakan menyambut baik taghline Pilwanag serentak tahun 2021 ini, yakni Pilwanag Badunsanak. 





"Sebagai salah seorang calon wali nagari di Kenagarian Gunuang Rajo, saya sependapat semangat Pilwanag Badunsanak harus dikedepankan dan dipahami semua elemen yang terlibat dalam Pilwanag," ujar Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo dimintai tanggapannya oleh Topsumbar.co.id, Kamis, (10/12/2021). 


Kemudian ketika diminta tanggapannya tentang pelaksanaan kampanye yang telah dimulai tanggal 6 Desember 2021, Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo memberikan apresiasi yang menurutnya kampanye berlangsung tanpa ada ikut campur perangkat kenagarian. 


"Alhamdulillah, sejak dimulainya kampanye calon wali nagari pada tanggal 6 Desember kemarin hingga hari ini (Kamis, 10 Desember, red) nampaknya ada jujur, adil,  dan tidak ada keterlibatan perangkat nagari dan anggota dewan," ujarnya. 


Hal demikian, sebut Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Bupati Eka Putra saat melaunching Pilwanag serentak, bahwa Pilwanag serentak ini adalah Pilwanag Badunsanak. 


"Alhamdulillah juga semangat Pilwanag Badunsanak ini, khususnya di kenagarian Gunuang Rajo bisa diimplementasikan oleh para calon wali nagari dengan tidak saling sikut dan tidak saling mendeskreditkan satu dengan yang lainnya. Maklumlah diantara kami tiga calon masih ada sangkut pautnya secara hidup bernagari," sebutnya. 


Terakhir, ketika diminta apa program yang diusungnya bila mana nanti terpilih. Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo mengatakan tidak terlalu muluk-muluk. 


"Pastinya saya akan melanjutkan program yang telah dijalankan Wali Nagari sebelumnya dan akan melakukan terobosan terbaru dengan program yang mungkin belum terealisasi oleh pemerintahan nagari sebelumnya," kata Syahril Sidik, Dt. Tumangguang Kayo.


(AL)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanah Datar Pilwanag Badunsanak, Bupati Eka: Bersama Kita Sukseskan

Terkini

Iklan