Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Hari Bela Negara, Tour de PDRI Etape 4 di Sijunjung

12/16/21, 12:53 WIB Last Updated 2021-12-16T05:53:34Z
pesona-indonesia


Topsumbar.com | Sijunjung - Kepala Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Propinsi Sumatera Barat Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, M.Si melepas keberangkatan peserta Tour de PDRI etape 4 memperingati HBN (Hari Bela Negara) ke-73 di Muaro Sijunjung pada Kamis (16/12).

Turut mendampingi Kaban Kesbangpol Propinsi Sumbar dalam pelepasan Tour de PDRI etape 4 ini antara lain Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Usman Gumanti, Kodim 0310/SS, Polres Sijunjung, Kejari Sijunjung serta Kabag Prokompim dan pengunjung lainnya.

"PDRI yang berumur 207 hari, melakukan aktivitas pemerintahan selama 20 hari di Kabupaten Sijunjung guna mempertahankan kedaulatan NKRI" ujar Kaban Kesbangpol Propinsi Sumbar memberikan sambutan di garis start.

Tour de PDRI 2021 melewati 6 etape, etape 1 (Kota Padang sejauh 33,72 km), etape 2 (Padang Aro-Bidar Alam di kabupaten Solok Selatan sejauh 24,23 km), etape 3 (start dan finish di Lapangan Bolakaki Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya sejauh 26,92 km).

Sementara etape 4 di Kabupaten Sijunjung terbilang spesifik karena dibagi menjadi 2 rute, rute 1 sejauh 27,4 km start di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung dan finish di Pos Pemadam Kebakaran Kumanis. 

Sedangkan rute 2 yang dilepas oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sijunjung David Reinaldo, SSTP, M.Si menempuh jarak 10,2 km start di Nagari Sumpur Kudus dan finish di Rumah PDRI Silantai.

Tour de PDRI yang juga didukung oleh Pengprov ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Sumbar ini terbilang inovatif karena baru pertama dilaksanakan dalam rangka memperingati HBN (Hari Bela Negara) yang merupakan satu-satunya Hari Besar Nasional yang historinya berada di Sumatera Barat.

Dalam wawancara eksklusifnya bersama topsumbar.com Kaban Kesbangpol Propinsi Sumbar Jefrinal Arifin mengatakan "Dirjen Potensi Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha mewakili Menhan RI Prabowo Subianto dijadualkan akan menjadi Inspektur Upacara HBN ke-73 di Koto Tinggi, Kabupaten 50 Kota pada Ahad (19/12)"

"Peserta Tour de PDRI etape 4 hari ini berjumlah 60 orang ditambah 15 orang komunitas lokal berangkat dari rute 1 Muaro Sijunjung-Kumanis" lanjut Kaban Kesbangpol Propinsi Sumatera Barat.

"Sementara pada rute 2 meliputi Sumpur Kudus-Silantai diikuti oleh 10 orang pembalap sepeda" demikian Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, M.Si menutup wawancara didampingi Kadisdikbud Kabupaten Sijunjung Usman Gumanti bersama Forkopimda.

Menilik kembali lahirnya PDRI adalah akibat ulah Belanda melalui Agresi Militer II yang menguasai Ibukota Negara kala itu Yogyakarta mengakibatkan Soekarno, Hatta dan Sutan Syahrir ditangkap pada 19 Desember 1948.

Menteri Kemakmuran Mr. Syafruddin Prawiranegara yang mendapat mandat membentuk PDRI di Bukittinggi bersama petinggi lainnya, yaitu Kolonel Hidayat, Teuku Mohammad Hasan, Sutan Muhammad Rasyid, Lukman Hakim, Indracahya, Mananti Sitompul, Maryono Danubroto, A. Karim, Rusli Rahim dan Latif melaksanakan pemerintahan secara bergerilya melewati sungai, hutan dan gunung pada 7 kabupaten/kota di Sumatera Barat demi eksistensi NKRI dimata dunia internasional.

(Gun)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Bela Negara, Tour de PDRI Etape 4 di Sijunjung

Terkini

Iklan