Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Dharmasraya Digenangi Banjir, Nagari Abai Siat Terparah

12/13/21, 11:44 WIB Last Updated 2021-12-13T04:45:31Z
pesona-indonesia

Lokasi banjir di Nagari Abai Siat Kec. Koto Besar Kabupaten Dharmasraya Dok. Ist


Topsumbar.com | Dharmasraya - Tingginya curah hujan dalam pekan terakhir mengakibatkan musibah banjir pada beberapa titik wilayah di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Musibah banjir tersebut diperkirakan berdampak pada ratusan warga dan mengalami kerugian.


Dari laporan masyarakat yang berhasil dihimpun Topsumbar, beberapa titik lokasi di Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh dan SP 3 Kecamatan Tiumang sampai berita ini diturunkan kedua nagari tersebut masih mengalami banjir dan air terus naik disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.


Saat ini masyarakat yang terdampak banjir sudah melakukan evakuasi namun karena keterbatasan alat masih terkendala dan terjebak banjir.


Kepala BPBD Dharmasraya Eldison menyampaikan langsung dari lokasi banjir, karena curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan genangan air di beberapa titik di wilayah Kabupaten Dharmasraya.


"Saat ini Dharmasraya memang digenangi banjir di beberapa Nagari, diketahui ada beberapa titik seperti SP 3, Abai Siat, Bonjol, Sipangkur, Sopan Jaya dan Nagari Timpeh," ungkap Kadis BPBD menjelaskan.


Dirinya kembali menambahkan kondisi terkini masih terdapat pergerakan tinggi air dibeberapa lokasi karena hujan masih turun.


"Kami dari BPBD sedang melakukan pendataan di lapangan dibantu TNI, Polri untuk evakuasi sekaligus melakukan imbauan kepada semua warga terdampak agar tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang akan ditimbulkan oleh kondisi banjir ini," tuturnya.


Sampai siang ini kondisi banjir di lima titik nagari tersebut bervariasi, ketinggian air mencapai 1,5 meter dan sebagian masih diperkirakan akan terus mengalami penambahan jika curah hujan tetap berlangsung.


Sekretaris Daerah Adlisman juga turut melaporkan dari lokasi banjir, yakni Nagari Bonjol Jorong Pasir Mayang mengakibatkan 125 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata 1.5 meter, dan untuk Jorong Tuo terdata kurang lebih 40 rumah juga turut terendam dengan ketinggian air 1 meter. 


(Yanti)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dharmasraya Digenangi Banjir, Nagari Abai Siat Terparah

Terkini

Iklan