Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Solok, 6 Cara Isolasi dan Karantina Mandiri

1/31/21, 00:54 WIB Last Updated 2021-01-30T17:54:27Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Kabupaten Solok –
 Satuan tugas penanganan covid-19 Kabupaten Solok pada hari Jum’at, 29 Januari 2021 kembali merelease Informasi terkait dengan pengendalian dan penanganan serta pencegahan penyebaran covid-19 di daerah.

Dinas kesehatan melalui Kabag Humas Pemkab Solok Syofiar Syam, S. Sos, M. Si yang di tunjuk sebagai Juru bicara Covid-19 menerangkan bahwa hari ini tidak ada kasus suspect dan pasien terkonfirmasi yang Sembuh serta tidak ada pula penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah Kabupaten Solok.

Dengan demikian, sampai hari ini untuk jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah Kabupaten Solok masih sama dengan jumlah kemarin, yakni sebanyak 752 (tujuh ratus lima puluh dua) orang, yang terdiri : Karantina Mandiri sebanyak 54 (lima puluh empat) orang, Dirawat 6 (enam) orang, Meninggal Dunia 18 (delapan belas) orang dan pasien Sembuh sebanyak 674 (enam ratus tujuh puluh empat) orang di daerah Kabupaten Solok.

Kemudian, Dinas kesehatan melalui Jubir Covid-19, Syofiar Syam menerangkan bahwa untuk pemeriksaan Spesimen sudah dilakukan sebanyak 8.701 (delapan ribu tujuh ratus satu) orang dan sebanyak 1.684 berasal dari kegiatan Pool Test Kabupaten Solok.

Seterusnya, Kabag Humas Syofiar Syam memaparkan total jumlah, baik itu Terkomfirmasi Positif covid-19, yang Dirawat, Karantina Mandiri dan Sembuh serta Meninggal Dunia di per Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, berikut rinciannya :

1. Untuk Kecamatan X Koto Singkarak, total kasus Konfirmasi Positif covid-19 berjumlah 94 orang yang di Karantina Mandiri 13 orang, Dirawat 0 orang dan yang Sembuh sebanyak 77 orang serta Meninggal Dunia sebanyak 4 orang.

2. Untuk Kecamatan Pantai Cermin, total kasus konfirmasi covid-19 sebanyak 6 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri 1, Dirawat tidak ada dan yang Sembuh sebanyak 4 orang serta Meninggal Dunia sebanyak 1 orang.

3. Kecamatan Kubung total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 357 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri sebanyak 19 orang dan Sembuh sebanyak 328 orang serta Meninggal Meninggal Dunia sebanyak 6 orang dan Dirawat 4 orang.

4. Untuk Kecamatan Lembah Gumanti total kasus Konfirmasi covid-19 sebanyak 22 orang, terdiri dari Dirawat 1 orang, Sembuh 9 dan Meninggal Dunia 4 orang serta Karantina Mandiri 8 orang.

5. Untuk Kecamatan Junjung Sirih total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 22 orang yang terdiri dari, Sembuh 21 orang, Karantina Mandiri serta Dirawat 0 dan Meninggal Dunia 1 orang.

6. Kecamatan X Koto Diatas total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 22 orang, yang terdiri dari yang Sembuh sebanyak 19 orang, sedangkan untuk pasien Karantina Mandiri 2 orang dan Dirawat 1 serta Meninggal Dunia tidak ada.

7. Untuk Kecamatan Gunung Talang total kasus Konfirmasi covid-19 sebanyak 147 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri sebanyak 4 orang dan Sembuh 142 orang serta Meninggal Dunia 1 orang dan Dirawat tidak ada.

8. Kecamatan Payung Sekaki total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 4 orang, yang terdiri dari Sembuh sebanyak 3 orang dan meninggal dunia 1 orang, Karantina Mandiri serta Dirawat sudah tidak ada.

9. Kecamatan Lembang Jaya total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 8 orang, yang terdiri dari, Sembuh sebanyak 6 orang dan Karantina mandiri 2 orang serta yang Dirawat, Meninggal tidak ada.

10. Kecamatan Bukit Sundi total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 41 orang, yang terdiri dari Sembuh sebanyak 39 orang dan Karantina Mandiri 2 orang, Dirawat serta Meninggal tidak ada sama sekali.

11. Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 18 orang, yang terdiri Sembuh 17 orang dan Karantina Mandiri 1 serta Dirawat dan Meninggal dunia tidak ada sama sekali.

12. Kecamatan Hiliran Gumanti, total kasus Konfirmasi covid-19 berjumlah 8 orang, yang Sembuh sebanyak 6 orang, Karantina Mandiri 2 orang, Dirawat dan Meninggal tidak ada sama sekali.

13. Kecamatan Tigo Lurah, total kasus komfirmasi covid-19 berjumlah 1 orang, yang terdiri dari Sembuh 1 orang dan Karantina Mandiri, Dirawat, Sembuh serta Meninggal Dunia tidak ada sama sekali.

14. Kecamatan Danau Kembar, total kasus komfirmasi covid-19 berjumlah 1 orang, yang terdiri dari Sembuh 1 orang dan Dirawat, Karantina mandiri serta Meninggal Dunia tidak ada sama sekali.

Syofiar Syam juga menyampaikan tentang Zonasi Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat telah ditetapkan pada minggu ke-46 pada tanggal 24  sampai dengan 30 Januari 2021, bahwa daerah Kabupaten Solok berada dalam Zona Kuning atau berada dengan Resiko Rendah dari serangan covid-19.

Lebih lanjut, Syofiar Syam menyampaikan tata cara protokol isolasi atau karantina Mandiri dirumah, terdiri dari :

1. Tidak beraktivitas di luar rumah
Tidak boleh keluar rumah atau pergi ke tempat-tempat umum walaupun untuk bekerja. Namun, bila ada keperluan ke luar rumah, seperti membeli makanan ataupun obat-obatan, mintalah orang lain untuk melakukannya. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi layanan online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Hindari kontak dekat dengan orang yang tinggal serumah, selama isolasi atau karantina mandiri di rumah dan disarankan untuk berada di kamar yang terpisah dengan penghuni rumah lainnya. Kamar disarankan memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Namun, bukan berarti kita harus selalu di dalam kamar dan orang lain tidak boleh masuk, diperbolehkan asal jaga jarak atau physical distancing, terutama seperti lansia, pemilik penyakit kronis, dan ibu hamil.

3. Pakai masker
Meski di rumah, tetap disarankan untuk mengenakan masker guna mencegah penularan kepada keluarga atau orang yang berada dalam satu rumah dengan kita, bila tidak ada masker, disarankan untuk tidak berlama-lama dalam satu ruangan dengan penghuni rumah lainnya.

4. Gunakan perlengkapan terpisah
Gunakan piring, sendok, garpu dan gelas terpisah serta perlengkapan mandi, seperti handuk dan sikat gigi, juga harus terpisah dari penghuni rumah lainnya.
Selain itu, sediakan tempat sampah atau kantung plastik khusus untuk membuang tisu yang di gunakan untuk batuk, bersin, dan membersihkan mulut atau hidung.

5. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan Anda dengan air dan sabun secara rutin serta jangan lupa minum air setidaknya 8 gelas dalam sehari dan konsumsi makanan yang bergizi, disarankan juga bagi yang sedang isolasi atau karantina mandiri dirumah untuk berjemur dan melakukan olahraga ringan di bawah sinar matahari setiap pagi selama 15–30 menit agar tubuh Anda lebih bugar dan lebih cepat sembuh. Selain itu, tetaplah menjalin hubungan dengan anggota keluarga dan teman melalui telepon, video call, atau media sosial. Jangan sampai isolasi di rumah membuat Anda merasa tersisih dan kesepian.

6. Hubungi rumah sakit
Apabila di tengah masa isolasi muncul keluhan baru atau keluhan yang Anda alami jadi memberat, misalnya demam tinggi disertai batuk terus-menerus dan sulit bernapas, segera hubungi rumah sakit atau hotline Covid-19 untuk mendapatkan perawatan. Agar orang lain tidak tertular, Anda disarankan untuk tetap berada di rumah.

“Itulah beberapa cara protokol isolasi atau karantina mandiri dirumah bagi yang terkonfirmasi positif dan kasus suspect Covid-19,” tutup Jubir Covid-19 Kabupaten Solok/Syofiar Syam.(Andar MK)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Solok, 6 Cara Isolasi dan Karantina Mandiri

Terkini

Iklan