Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Tampil Memukau, Sanggar Seni Limapuluh Kota Berhasil Hibur Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah

1/03/21, 01:33 WIB Last Updated 2021-01-02T18:33:06Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │payakumbuh -
 Sanggar Kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Tim kesenian yang merupakan bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota ini tampil dengan membawakan sejumlah tarian dan lagu Minangkabau, sehingga dapat memuaskan ratusan pengunjung yang datang silih berganti secara bergelombang sejak Minggu siang hingga sore.

Dalam sambutannya dalam acara tersebut, Bupati Limapuluh Kota, Ir. H Irfendi Arbi, MP yang diwakili Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Win Hari Endi mengatakan kegiatan pagelaran seni adalah salah satu sarana untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Limapuluh Kota di tingkat nasional.

“Seni budaya merupakan aset di Sumbar, walaupun di masa pandemi ini saya berharap tidak akan menjadi penghalang untuk kita untuk berkreativitas dalam menggerakkan dan mempromosikan kesenian budaya daerah kita ini,” ujarnya.

Selain itu ia berharap dukungan dari perantau dalam mendukung dan juga mempromosikan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Perantau kita ini ada hampir di seluruh daerah di Indonesia dan termasuk di Jakarta ini. Jadi ini merupakan potensi besar untuk bisa membantu mempromosikan pariwisata daerah kita,” sambungnya.

Ia optimis dengan promosi yang masif melalui media sosial termasuk dukungan dari para perantau, gaung pariwisata, kesenian dan budaya di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Limapuluh Kota akan semakin dikenal luas.

Sementara itu, Kepala Badan penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Limapuluh Kota yang sangat aktif dalam mempromosikan dan mendukung kegiatan-kegiatan event festival budaya dan pagelaran seni Minangkabau khususnya Limapuluh Kota ke daerah lain.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang terus aktif dalam mempromosikan kesenian dan kebudayaan Minangkabau khususnya Limapuluh Kota di daerah lainnya di Indonesia. Jadi dengan kegiatan ini nantinya kita berharap selain untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah kita, kegiatan ini juga dapat mengobati kerinduan masyarakat kita diperantauan akan kampung halamannya,” tuturnya.

Andre mengatakan, dengan adanya fasilitas anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah ini Ia berharap seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat dapat memanfaatkan anjungan tersebut sebagai alat promosi daerah dan juga sebagai wadah untuk para perantau yang berada di seluruh nusantara untuk bersilahturahmi.

“Dengan adanya rasa memiliki anjungan ini di setiap perantau, maka fasilitas ini sangat bermanfaat bagi perantau yang ingin menggunakan anjungan sebagai media transformasi edukasi adat istiadat bagi generasi penerus,” harapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama salah satu tokoh perantau Limapuluh Kota, Ferry Yasman Dt. Patiah Nan Mudo, yang juga merupakan Pengurus Gonjong Limo Tangerang dan juga Ketua Ikatan Perantau Kecamatan Harau mengaku sangat senang akan kegiatan pagelaran kesenian dan kebudayaan Limapuluh Kota ini.

Ia menjelaskan kesenian dan budaya Minangkabau merupakan kesenian yang tiada taranya, sehingga kegiatan pagelaran seni ini sangat berpotensi untuk Kabupaten Limapuluh Kota untuk mempromosikan kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah.

“Melihat pergelaran kesenian ini sangat menghibur kami para perantau akan kampung halaman sebab sebagian kita perantau tidak dapat pulang kampung saat masa pandemi Covid-19 ini. Semoga ivent ini terus berkembang sehingga kesenian dan kebudayaan kita ini terus dikenal dan lestari,” ungkapnya.(Ton)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tampil Memukau, Sanggar Seni Limapuluh Kota Berhasil Hibur Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah

Terkini

Iklan