Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Pimpinan DPRD Kota Solok Hadiri Musyawarah Nagari Luar Biasa

1/22/21, 22:17 WIB Last Updated 2021-01-22T15:17:58Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Parlemen –
 Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok, Bayu Kharisma menghadiri kegiatan pembukaan pelaksanaan Musyawarah Nagari Luar Biasa untuk Pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari Solok atau KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok, yang bertempat di Masjid Tuo Lubuak Sikarah Kota Solok, Rabu (20/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Solok Reinier Datuak Mangkuto Alam, Ketua LKAAM Solok Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Kajari Solok, Dandim 0309 Solok, Kapolresta Solok, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, dan peserta pelaksanaan musyawarah yang terdiri dari Datuak Nan Sambilan Panghulu Nan Duo Baleh.

Ketua Pelaksana Musyawarah Nagari Luar Biasa Maspanjul Datuak Tan Marajo Mangkudun Sati menjelaskan, tujuan diadakannya Musyawarah Nagari Luar Biasa yaitu untuk memilih Ketua Kerapatan Adat Nagari Solok masa jabatan 2021–2025. Sebelumnya Ketua KAN Lubuk Sikarah dijabat oleh almarhum Januardi Datuak Tanali, dan setelah beliau meninggal dunia, sisa masa jabatan di lanjutkan oleh Plt Wakil Ketua Ediwarman Imam Maharajo,Malin Batuah Tenggang Basa, Datuak Rajo Alam.


“Maka untuk meningkatkan fungsi dan peran ninik mamak dalam nagari, untuk mempermudah peran ninik mamak dalam menyelesaikan suatu permasalahan, serta mempermudah segala urusan administrasi yang berkaitan dengan adat istiadat, maka dengan musyawarah mufakat bersama Datuak Nan Sambilan Panghulu Nan Duo Baleh pada bulan Desember tahun 2020 lalu dilaksanakan pembentukan Panitia Pemilihan Ketua KAN yang baru,” tutur Maspanjul Datuak Tan Marajo Mangkudun Sati.

Dilanjutkan Maspanjul Datuak Tan Marajo Mangkudun Sati, alhamdulillah pelaksanaan Musyawarah Nagari Luar Biasa ini dapat terlaksana berkat dukungan dana secara swadaya, yang berasal dari setiap suku yang ada di Nagari Solok.

Pimpinan DPRD Kota Solok Bayu Kharisma, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada panitia pelaksana dan sangat mendukung proses pelaksanaan Musyawarah Nagari Luar Biasa. Dikatakannya, ini merupakan suatu kebahagian bagi kami dari lembaga legislatif, dimana bisa bersama berdampingan dengan ninik mamak dalam membangun dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada nantinya.

“Kita juga berharap dukungan dari seluruh pengurus KAN nantinya, untuk ikut bersama-sama memajukan Nagari Solok ini lebih maju, dengan mengikutsertakan seluruh potensi anak kemenakan kita di kampung maupun di perantauan, khusus dalam bidang adat dan istiadat,” ucap Bayu Kharisma.


Sekaligus dapat menjadi wadah bagi ninik mamak dan para pemangku adat dalam membina, lanjutnya, mengayomi dan menyelesaikan urusan anak kemenakan, dimana dalam lembaga KAN itu terdiri dari niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai yang biasa disebut “Tali Tigo Sapilin, Tungku Tigo Sajarangan,”.

“Selamat melaksanakan musyawarah, semoga lancar dan diridhoi Allah SWT,” tutup Bayu Kharisma

Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier Datuak Mangkuto Alam dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Solok sangat menganggap penting kegiatan musyawarah ini. Program pemerintah tentu akan lebih berjalan baik apabila mendapat dukungan penuh dari Kerapatan Adat Nagari (KAN).

“Semoga musyawarah berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan yang terbaik, serta menghasilkan program yang baik bagi masyarakat Kota Solok,” harapnya.

Menurutnya kemajuan dan kesuksesan Kota Solok juga bergantung dengan KAN. Ia juga menyebutkan untuk kedepan, kebersamaan Pemko dan KAN agar terus ditingkatkan, saling bahu membahu membangun kota yang dicintai ini.


Sementara itu, “Camin Taruih Solok Salayo”, Firmantaro Datuak Rajo Nan Kayo setelah pelaksanaan pemilihan menjelaskan, pada proses pelaksanaan pemilihan kali ini memang berbeda dengan biasanya. Sebab yang diundang tersebut merupakan niniak mamak yang memiliki jabatan di dalam masing-masing suku dan yang tergabung ke dalam Datuak Nan Sambilan Panghulu Nan Duo Baleh.

“Pemilih merupakan niniak mamak Ampek jinih yang terdiri dari Penghulu, Manti, Malin dan Dubalang serta di tambah dengan yang bajinih seperti Pamuncak suku, Pamuncak Nagari dan Camin taruih Solok Salayo,” terang Datuak Rajo Nan Kayo.

Prosesi pemilihan Ketua KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok tersebut mengapungkan 2 orang calon, dan pemilihan dilaksanakan melalui voting. Calon yang mengapung yaitu Maspanjul Datuak Tan Marajo Mangkudun Sati dan Ediwarman Imam Maharajo, Malin Batuah Tenggang Basa, Datuak Rajo Alam.


Peserta yang memiliki hak pilih, berdasarkan daftar hadir sebanyak 59 orang yang berasal dari 12 suku. Namun setelah dilaksanakannya voting Ediwarman Imam Maharajo, Malin Batuah Tenggang Basa, Datuak Rajo Alam mendapatkan suara sebanyak 33 suara, sedangkan Maspanjul Datuak Tan Marajo Mangkudun Sati mendapatkan sebanyak 26 suara.

Maka berdasarkan pemilihan secara demokrasi tersebut, Ketua KAN Nagari Solok di hadapan Dauak Nan Sambilan Panghulu Nan Duo Baleh langsung dikukuhkan untuk masa jabatan 2021-2025. (Syafri)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pimpinan DPRD Kota Solok Hadiri Musyawarah Nagari Luar Biasa

Terkini

Iklan