Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Petugas Lapas Positif Covid-19 di Sijunjung Satu Diantaranya Warga Solok

1/05/21, 11:48 WIB Last Updated 2021-01-05T04:48:27Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Kabupaten Sijunjung  - 
Satu orang warga Kabupaten Solok dinyatakan positif Covid-19, Rabu (27/05/2020). Hal itu dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Syofiar Syam melalui pesan WA pada media ini.

Tanggal 27 Mei 2020 didapat informasi dari petugas surveilans Pemerintah Kabupaten Sijunjung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Solok bahwa dari 8 (delapan) kasus positif di Kabupaten Sijunjung salah satu diantaranya adalah warga Kabupaten Solok atas nama FA umur 29 tahun pekerjaan pegawai LP Sijunjung. Yang bersangkutan 2 (dua) s/d 3 (tiga) kali dalam seminggu bolak-balik dari Kabupaten Sijunjung ke Nagari Hilia Banda Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

“Rencana hari ini Tim Dinkes dengan Puskesmas Tanjung Bingkung akan melakukan tracking terkait riwayat erat ke lokasi pasien positif tersebut,” kata Syofiar Syam.

Ia juga menambahkan bahwa pasien tersebut berdomisili dan identitas sebagai warga Kabupaten Solok akan tetapi untuk penambahan jumlah pasien positif dimasukkan ke Kabupaten Sijunjung.

Sebelumnya, 8 (delapan) dari 120 orang yang mengikuti tes swab dinyatakan positif di Kabupaten Sijunjung. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kominfo Sijunjung yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rizal Efendi menjawab pada Rabu (27/05/2020) pagi.

“Ya, ada delapan petugas di Lapas terinfeksi positif Covid-19. Informasi tersebut berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc,” kata Rizal Efendi.

Kedelapan petugas Lapas itu sedang bersiap-siap untuk diisolasi ke Padang.

“Petugas Lapas yang terinfeksi itu kini tengah bersiap menuju Padang untuk diisolasi. Hingga saat ini warga binaan Lapas belum ada yang terkonfirmasi dan dari hasil swab sebanyak 132 orang semua dinyatakan negatif,” jelas Rizal Efendi lagi.

Ditambahkan Rizal Efendi, sebanyak 253 warga binaan akan dilakukan test swab di Lapas Kelas II Muaro Sijunjung.

“Hari ini (Rabu, 27/05/2020-red) akan dilakukan test swab terhadap warga binaan, dimulai pukul 09.00 WIB,” tambah Rizal yang minta warga Sijunjung untuk taat himbauan PSBB.

Informasi yang diperoleh Jasman Rizal Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Bahwa hari ini Rabu 27 Mei 2020, sampai pukul 08.00 WIB, dari 516 sampel yang diterima dan diperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 27 orang lagi.

Sedangkan sembuh terkonfirmasi bertambah sebanyak 23 orang. Meninggal dunia sampai pukul 08.00 WIB hari ini belum terkonfirmasi.

Total sampai hari ini (Rabu), warga Sumbar yang telah terdata antara lain :

Terinfeksi 537 orang
Sembuh 231 orang
Meninggal dunia 24 orang.

Dengan demikian, Kabupaten Sijunjung yang selama ini masih bersih dari paparan infeksi Covid-19, hari ini menorehkan catatan baru dengan adanya delapan orang warganya positif terinfeksi Covid-19 seperti juga disampaikan Kadis Kominfo Sijunjung, Rizal Efendi.

Artinya, tidak ada lagi kabupaten dan kota di Sumbar yang terbebas dari paparan infeksi Covid-19 (Andar MK)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Petugas Lapas Positif Covid-19 di Sijunjung Satu Diantaranya Warga Solok

Terkini

Iklan