Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Pemkab Tanah Datar Salurkan BST ke Masyarakat Terdampak Covid-19

1/05/21, 12:09 WIB Last Updated 2021-01-05T05:09:42Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Kabupaten Tanah Datar  - 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar mulai menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.

BST yang bersumber dari APBD Tanah Datar itu diserahkan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, bertempat di Kantor Wali Nagari Sumanik Salimpaung dan Nagari Pasie Laweh, Sungai Tarab, Senin, (18/05/2020).

Penyerahan ini turut dihadiri Forkompinda, Forkompinca, Kadis PMDPPKB Nofenril, Kabag Perekonomian dan SDA Masni Yuletri, Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Camat Sungai Tarab Afrizal dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Batusangkar Oktra Firdaus.

Wabup mengatakan, BST yang diserahkan saat ini bertujuan mengurangi beban masyarakat terdampak Covid-19 di tengah pandemi yang masih berjangkit saat ini.

”Sedikitnya 17 ribuan penerima BST dari APBD Kabupaten diserahkan kepada masyarakat yang terdampak,” kata Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup Zuldafri mengajak masyarakat dapat memanfaatkan bantuan pemerintah itu sesuai kebutuhan.

“Gunakanlah dana tersebut untuk yang penting-penting dan mendesak,” pesannya.

Sementara Kadis Sosial dan PPPA, Yuhardi menyampaikan, BST yang berasal dari APBD Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17.372 KK didistribusikan via Bank Nagari Cabang Batusangkar dengan masing-masing menerima Rp 600.000 setiap bulan untuk tiga bulan ke depan.

Dijelaskan juga untuk BST Kemensos berjumlah 14.643 KK, didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia sebanyak 13.957 KK, melalui BRI 574 KK dan BNI 112 KK,

BST Provinsi Sumatera Barat untuk 8.585 KK juga akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

Sementara BST Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17.372 KK dan BLT Dana Desa 11.182 KK didistribusikan melalui Bank Nagari Cabang Batusangkar.

“BST akan disalurkan selama tiga bulan dan hanya menerima 1 (satu) jenis bantuan tunai, sedangkan penerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan penerima sembako tidak lagi menerima bantuan BST,” ucap Yuhardi.

“Untuk itu, bagi masyarakat bakal mengambil BST harus menunjukkan photocopy KTP dan KK, sekaligus verifikasi data, dokumentasi, jika dokumen lengkap bantuan langsung diterima,” sambung Yuhardi.

Dijelaskan juga Senin, (18/05/2020) ini, untuk hari pertama sudah diserahkan pada 4 (empat) kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Tarab, Sungayang, Salimpaung dan Batipuh.

“Selanjutnya Selasa (19/05/2020) di kecamatan Tanjung Baru, X Koto, Lintau Buo Utara, pada Rabu (20/05/2020) kecamatan Batipuh Selatan, Lima Kaum dan pada hari Kamis (21/05/2020) di Kecamatan Tanjung Emas, Rambatan dan Lintau Buo.(AL/Hms)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Tanah Datar Salurkan BST ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Terkini

Iklan