Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Media Online Topsumbar Sudah Terverifikasi Administrasi dan Faktual di Dewan Pers

1/02/21, 03:06 WIB Last Updated 2021-01-01T20:06:58Z
pesona-indonesia

Serah terima ferivikasi faktual media online Topsumbar.co.id dengan Anggota Dewan Pers di Padang.

topsumbar.com│nasional  
 Dewan Pers kembali mengeluarkan data perusahaan pers yang sudah terverifikasi administrasi dan faktual di Sumatera Barat, Senin (30/11/2020). Media online Topsumbar termasuk salah satu media siber yang ditetapkan terverifikasi faktual oleh lembaga pers tertinggi di Indonesia tersebut.

Mendapat kabar bahagia tersebut, Siti Rahmadani Hanifah Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Topsumbar merasa bahagia. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers yang sudah bersedia melakukan pendataan dan berkunjung ke Padang melakukan verifikasi faktual tahun 2019 lalu.

Siti Rahmadani Hanifah menceritakan, Perusahaan Pers PT Update Top Media yang didirikan bersama Sutrisno sebagai Komisaris sejak tahun 2016 lalu bukan berjalan mulus saja. Berkat bantuan kawan-kawan sesama wartawan di Sumatera Barat khususnya yang tergabung dalam redaksi Topsumbar menjadikan perusahaan pers bernyawa dan kembali mengambil posisi di hati pembaca.

Anggota Dewan Pers Asep Setiawan saat mengecek berkas administrasi PT Update Top Media (Topsumbar.co.id) Kamis, 31 Oktober 2019.

“Sejak 2016 Topsumbar berdiri sudah banyak lika-liku yang dihadapi, begitu juga untuk pendaftaran perusahaan ke Dewan Pers. Saya bolak-balik Jakarta sampai 2017 bersama owner media BentengSumbar.com, Nusantara.net, Terobos.com, InfoNusantara.net, expossumbar.com, SKM Rakyat Sumbar dan itu cuma saya yang perempuan. Alhamdulillah kawan-kawan luar biasa kasih support dan 2017 itu kami dari Bandung sewa travel ke Jakarta untuk melakukan daftar ulang,” terangnya.

Begitu detailnya dewan pers, sambungnya, komunikasi Topsumbar tidak pernah putus dengan patia pendataan di Dewan Pers. Setiap ada update data perusahaan pers di Indonesia selalu diberikan informasi melalui surat resmi dan email.

Akhir 2018 Topsumbar kembali melakukan pendaftaran ulang melalui aplikasi dan mengisi formulir serta mengirim berkas perusahaan, 09 Januari 2019 Topsumbar sudah terverifikasi administrasi dan pada tahun yang sama anggota Dewan Pers melakukan verifikasi faktual langsung ke perusahaan Topsumbar di Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Padang.

Anggota Dewan Pers Asep Setiawan bersama Nirwati mengunjungi kantor PT update Top Media, Kamis (31/10/2019) dalam rangka verifikasi faktual perusahaan pers serta langkah Dewan Pers mendata perusahaan pers yang ada di Sumbar.

“Hari ini kita datang dan melakukan verifikasi faktual ke Topsumbar, Alhamdulillah lancar dan semua data yang diperiksa lengkap,” ungkap Asep, Kamis (31/10/2019) kala itu.

Dalam kunjungan tersebut Asep juga memberikan motivasi agar media online Topsumbar makin top dan lebih dikenal masyarakat luas.

Asep juga menilai Topsumbar akan lebih sukses jika sumber daya manusia (SDM) dan perusahaan bekerja profesional apalagi pendiri dan direktur nya masih berusia 25 tahun, masih banyak waktu untuk belajar dan ide-ide kreatif itu sering muncul dari kalangan anak muda, katanya.

“Semoga Topsumbar makin top dan lebih sukses lagi, untuk ke depan Topsumbar agar menambah wartawan yang sudah ujian kompetensi wartawan (UKW) sehingga produk pers yang dihasilkan makin berkualitas dan profesional.” katanya.

Siti Rahmadani Hanifah mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut, direktur muda ini juga menyampaikan bahwa saat ini Topsumbar sangat membutuhkan saran dan masukan dari Dewan Pers untuk kemajuan SDM maupun keredaksian Topsumbar ke depan.

“Alhamdulillah Dewan Pers telah berkunjung ke redaksi kita, saran dan masukan Dewan Pers pada Topsumbar sangat bagus untuk program kita ke depan,” ungkapnya.


Wartawan perempuan termuda yang lulus UKW utama pada Oktober 2018 ini juga optimis bahwa dengan bantuan teman-teman di redaksi maupun di daerah akan membuat Topsumbar lebih dikenal dan menjadi referensi bacaan masyarakat Sumbar maupun nasional.

Ia berharap teman-teman bisa membantu apalagi para senior pers yang ada di Sumbar. Selain itu, tambahnya sebelum verifikasi faktual ini banyak langkah dan prosedur yang sudah ditempuh, termasuk administrasi yang harus dilengkapi dan kesiapan redaksi dalam membangun wartawan yang profesional.

“Saya berharap teman-teman bisa membesarkan nama Topsumbar ke depannya. Alhamdulillah selama ini di Tosumbar saya dikelilingi teman-teman yang memiliki etos kerja tinggi. Selain itu saran dan masukan dari senior-senior pers di Sumbar sangat saya butuhkan untuk kemajuan Topsumbar ke depan,” katanya.

Sementara, di lain tempat Alfian YN selaku Dewan Redaksi mengatakan ikut bahagia mendapat informasi dari situs Dewan Pers dimaksud. Ia mengatakan
tepat dipenghujung November 2020 dan dalam rangka menyambut hari jadi Topsumbar ke-4 tahun mendapat kado terindah.

“Perusahaan PT Update Top Media yang menaungi situs berita Topsumbar.co.id dinyatakan terverifikasi faktual oleh Dewan Pers. Sebelumnya awal Januari 2019 lalu Topsumbar.co.id telah lulus dan terverifikasi Administrasi. Selamat atas pencapaian ini kawan-kawan. Jayalah Topsumbar,” tuturnya. (***)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Media Online Topsumbar Sudah Terverifikasi Administrasi dan Faktual di Dewan Pers

Terkini

Iklan