Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Hujan Es Turun di Padang Panjang, Ini Penjelasan Kasmet Minangkabau

1/06/21, 22:16 WIB Last Updated 2021-01-06T15:16:55Z
pesona-indonesia

topsumbar.com │ Kota Padang Panjang  - Hujan es seukuran kuku kelingking turun di sejumlah tempat di kota Padang Panjang, sore ini, Selasa, (05/01/2021).

Informasi adanya es seukuran kuku kelingking menjadi diskusi hangat di WhatsApp Grup Pers Padang Panjang.

“Hujan es turun di padang panjang. Butiran es seukuran kuku kelingking,” tulis Maryulis Max, Kabid Informasi Komunikasi Publik pada Diskominfo Padang Panjang.

Iyooooo, ambo caliak2 se
Ka diambiak we e alah hilang, (Iya, saya lihat. Saat akan diambil, langsung menghilang -red),” sahut Yanti Herman, Owner Top FM Radio.

Kepala Stasiun Meteorologi (Kasmet) Minangkabau, Padang Pariaman, Sakimin, mengatakan turunnya hujan es itu adalah fenomena cuaca biasa dan bisa saja terjadi dimana-mana.

“Itu fenomena cuaca biasa dan tidaklah ekstrim,” ucap Sakimin, menjawab Topsumbar.co.id saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Dikatakan Sakimin, cara awan hujan, awan Colomnimbus itu posisinya dekat dengan permukaan. Sementara suhu di sekitarnya masih relatif rendah.

Sebelum jadi hujan, pada awan Colomnimbus ada uap air yang membeku.

“Jadi, pas begitu hujan turun. Masih ada sebagian uap air yang masih dalam kondisi beku,” kata Sakimin.

Kebetulan Padang Panjang, sambung Sakimin, cuacanya sejuk dan tidak terlalu dingin. Hal tersebut berpotensi uap air yang beku itu hingga jatuh ke tanah masih ada yang dalam kondisi beku.

“Jadi, sekali lagi, fenomena turunnya hujan es itu adalah fenomena cuaca biasa dan bisa saja terjadi dimana-mana,” tutup Sakimin.

Pantauan Topsumbar.co.id, hujan lumayan lebat mengguyur kota Padang Panjang, sekira pukul 15:30 WIB hingga perlahan mereda pukul 17:00 WIB ini.(AL)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hujan Es Turun di Padang Panjang, Ini Penjelasan Kasmet Minangkabau

Terkini

Iklan