Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Jadi Saksi Nikah Anak Sulung Devi Kurnia

1/24/21, 18:29 WIB Last Updated 2021-01-24T11:29:03Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Sumatera Barat – 
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menjadi saksi pernikahan kedua belah pihak penganten Frans Sanjaya, S.STP dan Intan Devina, SH yang digelar di Gedung Rohana Kudus Komplek GOR Agus Salim Padang, Sabtu (23/01/2021).

Frans Sanjaya, S.STP (Frans) merupakan putra dari pasangan Nurmam, SE dan Wirna Wilyanti, sementara penganten perempuan Intan Devina, SH (Intan) merupakan putri sulung anak dari Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Sumbar Devi Kurnia, SH, MM dan istrinya Malina Askan, SE.

Resepsi pernikahan dilangsungkan dengan aturan protokol Covid-19 bagi para tamu yang datang diperiksa suhu tubuh menggunakan thermo gun oleh petugas dan para tamu undangan pun duduk berjarak dan tetap menggunakan masker selama acara berlangsung.

Selanjutnya tamu undangan yang datang tidak makan di tempat dan panitia hanya menyediakan nasi kotak. Namun begitu prosesi berjalan khidmat dan lancar.

Akad nikah pun berlangsung, dengan suara lantang Frans Sanjaya mengucapkan ijab kabul sekali ucap di depan penghulu. Irwan Prayitno dan Nasrul Abit langsung mengesahkan. Maka keduanya resmi menjadi pasangan suami istri.

Usai mengucapkan ijab kabul Frans Sanjaya mendapatkan gelar Tuangku Rajo Sulaiman.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak tamu yang hadir doakan pasangan Frans dengan Intan lancar menjalani bahtera rumah tangga.

“Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr. Semoga Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan. Mari doakan pengantin agar berkah, karena nikah adalah sunah. Sunah itu kebaikan. Maka nikah itu adalah kebaikan,” kata Irwan Prayitno.

Pernikahan adalah ibadah seumur hidup yang mesti dijalani oleh pasangan suami istri. Mereka akan mengalami suka dan duka bersama-sama dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Irwan Prayitno berpesan, terimalah pasangan masing masing, dan saling melengkapi kekurangan satu dan lainnya. Karakter pasti beda, selama tidak bertentangan dengan agama, maka terimalah perbedaan itu. Hilangkan ego pribadi untuk keutuhan keluarga.

“Karena jodoh merupakan rahasia Allah, maka syukuri pasangan kita, Saling memahami, saling membantu, saling menghargai dan juga saling mendoakan,” ucapnya.

Tujuan dari pernikahan adalah meraih ridho Allah. Bila ridho Allah sudah diraih, kebahagiaan lahir dan batin akan mengalir dengan sendirinya. Kalau tujuannya hanya kebahagian fisik, perkawinan tidak akan bertahan lama. Karena, semakin lama keindahan fisik pasangan tentu tidak seperti awal pernikahan lagi.

“Dalam kehidupan berumah tangga untuk menjadi sakinah, mawaddah, warahmah, kita harus melalui tiga tahapan agar sukses di dunia dan akhirat, yaitu fitrah, tauhid dan hijrah. Jika sudah memasuki tahap hijrah, insya Allah tidak akan goyang menghadapi berbagai rintangan kehidupan,” ungkapnya.

Selanjutnya Wakil Gubernur Sumbar juga mengucapkan selamat kepada kedua mempelai Frans dan Intan, dalam membangun ikatan keluarga kedua belah pihak untuk mendapat berkah dari Allah SWT.

“Selamat buat Frans dan Intan, semoga pernikahannya dilimpahi berkah oleh Allah dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah, Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair,” ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit mengatakan, pernikahan adalah sunnah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat dianjurkan bagi umat islam.

Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang fitrah dan sarana paling agung dalam memelihara keturunan dan memperkuat antar hubungan antar sesama manusia yang menjadi sebab terjaminnya ketenangan cinta dan kasih sayang.

“Tentunya Frans dan Intan sudah saling mengenal terlebih dahulu, apa pun kekurangan dan kelebihan masing-masing harus bisa saling menerima dan mengisi kekurangannya,” tuturnya.

Begitu selesai akad nikah, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Sumbar Devi Kurnia yang merupakan orang tua dari Intan Devina mengatakan nampak berucap syukur. Begitu juga para pihak keluarga kedua mempelai dan para tamu undangan.

“Hari ini bersama istri tercinta Malina Askan merupakan hari bahagia bagi keluarga besar kami,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Devi Kurnia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang menyempatkan diri menjadi saksi nikah pada akad nikah anaknya.

“Alhamdulillah… Kami bersyukur proses pernikahan berjalan khidmat dan lancar,” imbuhnya.

Anakku, Semoga Allah memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah (tetap) memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu terjadi kerenggangan (terjadi prahara), dan semoga Dia (Allah) mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.(Nov/Hms)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Jadi Saksi Nikah Anak Sulung Devi Kurnia

Terkini

Iklan