Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Damkar Sumbar Upayakan Pemadaman Kebakaran Lahan yang Berdampak pada Tertundanya MTQ Tingkat Nasional

1/05/21, 12:30 WIB Last Updated 2021-01-05T05:30:19Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Kab.Padang Pariaman  - 
Kabid Linmas dan Damkar Sumbar Herwin Mustika, usai upaya pemadaman kebakaran lahan di Kabupaten Padang Pariaman

Menanggapi laporan masyarakat tentang terjadinya kebakaran lahan di Korong Balanti, Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Pemadam Kebakaran (Damkar) Sumatera Barat (Sumbar) segera terjun ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman terhadap kebakaran lahan tersebut, Minggu (23/2/2020).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) dan Damkar Sumbar, Dedy Diantolani, S Sos, MM pada TopSumbar.co.id di ruang kerjanya, (17/3/2020).

Lebih lanjut Dedy Diantolani menerangkan, lokasi kebakaran lahan tersebut sangat berdekatan dengan Stadion Padang Pariaman, yang mana stadion tersebut akan dipergunakan untuk iven nasional Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional 2020 ini.

“Jika kebakaran lahan tersebut tidak segera dipadamkan, akan berdampak pada tertundanya iven nasional itu. Pasalnya, lahan yang seluas 14 hektar sangat dekat dengan stadion dan bisa saja kobaran api yang besar mengenai bangunan stadion tersebut,” ungkap Dedy Diantolani.

Disebutkan Dedy Diantolani, saat ini pembangunan stadion di Padang Pariaman itu lagi dikebut, karena stadion tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan iven MTQ tingkat nasional. Besaran kobaran api kebakaran lahan itu juga berdampak pada pemberhentian pembangunan, dimana pekerja akan kabur menjauhi kebakaran.

Dedy Diantolani menerangkan, kejadian kebakaran lahan diketahui oleh Mardison sekira jam 15.00 WIB, saksi melihat ada kumpulan asap di Bukit Obes Tapian Puti Nagari Sikabu. Kemudian saksi datang ke lokasi itu, dan melihat api sudah membesar selanjutnya saksi memberitahu warga dan walinagari.

“Dalam upaya pemadaman kebakaran lahan tersebut, jam 16.00 WIB, pasukan Damkar Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman meluncur ke Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) dengan 4 unit mobil Damkar,” sebutnya.

Dilanjutkannya, upaya pemadaman kebakaran lahan itu juga dibantu oleh warga secara bergotong-royong. Selain itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman juga turut membantu dengan mengarahkan pompa air ke titik kebakaran.

Turut hadir dalam upaya pemadaman kebakaran lahan tersebut Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Damkar Sumbar Herwin Mustika, Kabid Damkar Kabupaten Padang Pariaman Marsidi, Wakapolsek Lubuk Alung Iptu Zamzami, Kasi Damkar Sumbar Gusli.

“Pada jam 19.00 WIB, titik api sudah bisa dijinakkan oleh tim bersama warga,” tutupnya. (Syafri/Hms Sumbar)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Damkar Sumbar Upayakan Pemadaman Kebakaran Lahan yang Berdampak pada Tertundanya MTQ Tingkat Nasional

Terkini

Iklan