Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Besok Pagi Bakal Berlangsung Talks Show Universitas Terbuka Bersama Pers Sumatera Barat

1/01/21, 22:37 WIB Last Updated 2021-01-01T15:38:09Z
pesona-indonesia

TALKSHOW UT BERSAMA PERS SUMBAR

topsumbar.com │Pendidikan  
Besok pagi pukul 09:00 WIB atau bertepatan Senin 28 September 2020, bakal berlangsung Talk show Universitas Terbuka bersama Pers di Sumatera Barat secara virtual.

Talk show yang dirancang oleh portal berita online Topsumbar.co.id juga sekaligus sebagai media partner bekerjasama dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Padang akan mengangkat tema : UT Terdepan dalam inovasi pendidikan jarak jauh.

Dalam talk show berskala nasional untuk pertama kalinya dirancang Topsumbar.co.id besok pagi itu, akan tampil pemateri yakni Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dan disambut langsung Ketua PWI Sumatera Barat, H. Heranof Firdaus, S. Sos.

Owner Topsumbar.co.id Siti Rahmadani Hanifah, Minggu pagi (27/09/2020), menuturkan acara Talk Show Universitas Terbuka bersama Pers Sumatera Barat sengaja dirancangnya karena ia menilai Universitas Terbuka (UT) saat ini tengah menjadi perhatian publik karena terdepan dalam pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

Apalagi sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia, UT telah ditunjuk sebagai pelopor belajar daring oleh Wakil Presiden. Selain itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga meminta UT menjadi rujukan bagi perguruan tinggi di Indonesia bekerjasama dalam pembelajaran jarak jauh.

“Saya rasa kawan-kawan pers di Sumatera Barat wajib membahas ini dengan pak Rektor UT,” kata Hanny sebutan akrab Siti Rahmadani Hanifah yang juga Pemimpin Redaksi Topsumbar.co.id.

Hanny juga menambah kan, selama ini masyarakat banyak yang belum mengetahui tentang belajar daring. Saat ini di Sumatera Barat sejak Covid-19 makin menggila, semua sudah menerapkan belajar daring baik di tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“Saya rasa pak Rektor senang bisa berbagi informasi tentang UT atau belajar daring ini. Dengan pengalaman 35 tahun UT sudah menjadi referensi bagi perguruan tinggi di Indonesia, sebagai insan pers tentu hal ini perlu kita sampaikan ke masyarakat. Informasi mengenai belajar daring ini bisa jadi rujukan bagi masyarakat Sumatera Barat, ” sambung Hanny pemegang sertifikat Uji Kompetensi Wartawan Utama termuda Sumatera Barat.

Selanjutnya Hanny juga memaparkan latar belakang digelarnya talk show UT bersama Pers Sumatera Barat, berikut di bawah ini kerangka acuan atau ToR (term of reference).

Sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau online menjadi satu-satunya cara belajar mengajar bagi kalangan siswa, guru, mahasiswa, hingga dosen di masa pandemi Covid-19. Tidak ada alternatif lain yang bisa dilakukan selain daring, dan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang paham bagaimana teknis belajar daring ini.

Sementara Universitas Terbuka (UT) lebih kurang sudah 35 tahun telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Sehingga saat ada pendemi Covid-19 ini, yang paling siap adalah UT dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh atau belajar secara daring.

Hal ini pun juga disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam wisuda UT kemarin. Wakil Presiden mengatakan UT menjadi pionir dan pemimpin dalam pembelajaran jarak jauh.

Ma’ruf Amin mengatakan jauh sebelum populernya sistem pembelajaran daring, UT menjadi Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang mengaplikasikan sistem pembelajaran jarak jauh secara daring.

Selain itu, UT ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk menggenjot Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Tanah Air. Ini dilakukan dengan menggalak kan perguruan tinggi menerapkan model pembelajaran daring.

Kebijakan pemerintah pusat menargetkan sampai tahun 2022 mendatang APK perguruan tinggi sebesar 40 persen. Sementara saat ini APK perguruan tinggi baru pada angka 31,5 persen dan masih berada di bawah APK perguruan tinggi di beberapa negara di Asia Tenggara. Untuk mencapai target itu, UT sudah ditunjuk melaksanakan strategic flyer menyasar perguruan tinggi di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan UT bisa menjadi contoh penggunaan teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh.

“UT sebagai PT yang menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh bisa menjadi contoh dan bersinergi dengan perguruan tinggi tradisional untuk mengakselerasi penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran,” kata Nadiem dalam acara Dies Natalis UT yang disiarkan secara langsung melalui daring, Jumat (04/09/2020) lalu.

Nadiem mengharapkan UT bisa menularkan semangat pemanfaatan teknologi ini ke kampus lain. Pasalnya, hadirnya teknologi digital dalam dunia pendidikan merupakan suatu hal yang sulit dihindarkan.

Mas Menteri Nadiem juga mengungkapkan rencana pembangunan Universitas Terbuka Siber (UTS) harus segera dilaksanakan. Ia berharap UTS nantinya dapat menyebarkan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Berbekal pengalaman pajang UT dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan telah tersedianya 39 unit program belajar jarak jauh di 34 provinsi UT dapat menjadi platform bagi PTN dan PTS lain untuk menawarkan program PJJ,” tambahnya.

Pertanyaan nya adalah bagaimana sesungguhnya peran Universitas Terbuka yang terdepan dalam inovasi pendidikan jarak jauh dimaksud? dan selama 35 tahun itu pelayanan seperti apa saja yang telah diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Untuk mendiskusikan hal-hal di atas maka akan diadakan video conference melalui Microsoft Teams Senin, tanggal 28 September 2020 mulai pukul 09:00 WIB sampai selesai.

Acara ini akan dimulai dengan pengantar dari pihak UPBJJ UT Padang dan sambutan oleh Ketua PWI Sumbar, dilanjutkan dengan paparan oleh pemateri. Setelah itu diikuti dengan diskusi bebas diantara peserta.

Berikut susunan acara :

Bismillahirrahmanirrahim…

Susunan Acara 28 September 2020
Mulai pukul 09:00 WIB hingga selesai.
Tema : UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh.

Silahkan login disini:
https://teams.microsoft.com/l/meetup-join/19%3ameeting_OTVmYmNlMjAtNTcyMi00MjI0LTg5ZmYtMDJjMDAyNGEzZmRl%40thread.v2/0?context=%7b%22Tid%22%3a%22508916a0-7b89-43a1-af4e-72fe15aba5b9%22%2c%22Oid%22%3a%22a17ce59f-a939-467b-b1a6-b1290ec75dfb%22%7d

Assalamu Alaikum WW
Kepada Yth,
Mahasiswa UT, mahasiswa PTN dan PTS, insan Pers se-Sumbar, pemerhati dunia pendidikan.

Dalam kesempatan ini kami memohon kehadiran bapak ibu uda uni untuk menghadiri vidcon curah pendapat (brainstorming) melalui Microsoft Teams yang diadakan oleh situs media online Topsumbar.co.id kerjasama dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Padang dengan tema UT Terdepan Dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh, pada hari Senin, 28 September 2020, mulai pukul 09:00 WIB sampai selesai.

Besar sungguh harapan kami semoga bapak Ibu Uda Uni bisa mengikuti dialog ini. Atas perhatian dan kehadiran bapak ibu uda uni kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalam,

Siti Rahmadani Hanifah (Owner Media Online Topsumbar.co.id)(AL)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Besok Pagi Bakal Berlangsung Talks Show Universitas Terbuka Bersama Pers Sumatera Barat

Terkini

Iklan