Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Batang Lembang Meluap, Banjir Kembali Melanda Kota Solok

1/14/21, 12:09 WIB Last Updated 2021-01-14T05:09:31Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Pemerintahan –
Intensitas hujan yang tinggi di daerah Kabupaten Solok, membuat Sungai Batang Lembang meluap dan mengakibatkan banjir yang merendam setidaknya sembilan (9) kelurahan di Kota Solok, Selasa (12/1/2021).

Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier Datuak Mangkuto Alam pada TopSumbar.co.id mengatakan, banjir yang melanda Kota Solok ini adalah banjir kiriman dari daerah hulu dan sudah seharusnya ada langkah-langkah dalam penggalian sedimen sepanjang Bantaran Sungai Batang Lembang di Kota Solok.

“Akibat dari penumpukan sedimen di dasar sungai di sepanjang ataupun di hilir Batang Lembang, arus sungai mengalami perlambatan sehingganya apabila terjadi curah hujan yang cukup tinggi, air begitu cepat meluap dan mengakibatkan banjir di sepanjang Bantaran Sungai Batang Lembang itu,” kata Reinier Datuak Mangkuto Alam.

Terkait bencana banjir ini, dilanjutkan Reinier Datuak Mangkuto Alam, kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan sudah menerima laporannya bahwa banjir yang melanda Kota Solok sudah surut.

“Langkah-langkah yang kita ambil terkait bencana banjir ini, dari tadi malam kita melakukan antisipasi dan melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang berada di daerah banjir,” ungkapnya.

Selain itu, imbuh Wawako Solok, kita juga telah siapkan dapur umum dan tenda darurat yang di pusatkan di Lingkungan Kantor Pemko Solok ini. Menurutnya, Kota Solok secara geografis daerahnya sangat rawan terhadap bencana banjir.

“Selain itu kita juga telah siagakan petugas kita di lapangan baik dari BPBD ataupun, Satpol PP, Tagana ataupun tim SAR lainnya, kemudian anggota kelurahan yang wilayahnya terkena banjir,” ungkapnya lagi.

Disebutkan Reinier, bencana ini tidak ada yang menginginkan, sewaktu-waktu kapan saja bisa datang. Ini harus menjadi perhatian masyarakat Kota Solok untuk selalu berhati-hati terhadap kedatangan banjir, terkhususnya masyarakat yang berada di sepanjang Bantaran Sungai Batang Lembang.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok Ikhlas mengatakan, saat ini titik terparah di Kota Solok ada 5 kelurahan yakni Kelurahan KTK, IX Korong, Koto Panjang, Sinapa Piliang, Kelurahan Aro IV Korong.

“Data sementara, kelurahan yang terdampak di Kecamatan Lubuk Sikarah diantaranya Kelurahan KTK, Kelurahan IX Korong, Kekurahan VI Suku, Kelurahan Sinapa, Kelurahan Aro IV Korong dan Kelurahan Tanah Garam,” paparnya.

Dilanjutkannya, sementara di Kecamatan Tanjung Harapan, banjir merendam 3 kelurahan diantaranya Kelurahan Tanjung Paku, kelurahan Nan Balimo dan Kelurahan Koto Panjang. (Syafri)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Batang Lembang Meluap, Banjir Kembali Melanda Kota Solok

Terkini

Iklan