Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

4 Tahun Sendiri, Akhirnya Ketua PN Payakumbuh Sekarang Punya Wakil Ketua

1/31/21, 02:57 WIB Last Updated 2021-01-30T19:57:25Z
pesona-indonesia


topsumbar.com │ Kota Payakumbuh -
 Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salah satunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

Akhirnya, pada awal tahun 2021 Mahkamah Agung mengamanahkan satu wakil tuhan lagi di bumi untuk Payakumbuh dengan menugaskan Ahmad Zulpikar, yang sebelumnya hakim di Pengadilan Negeri Jember Kelas IA menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kelas II. Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di ruang sidang pengadilan setempat, Salasa (25/01).

Hadir Unsur Forkopimda seperti Wali Kota diwakili Asisten III Amriul Dt Karayiang didampingi Kakankesbangpol Budhy D Permana, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Jerry Syahrim, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor M. Sianturi, Kajari Payakumbuh Suwarsono, Ketua PN Tj. Pati M. Chandra, Ketua PA Payakumbuh Firdaus, Ketua PA Painan Hariadi, Kalapas IIB M. Kameili, rohaniawan, hakim, panitera dan pejabat lainnya.

Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Kurniawan Wijonarko yang melantik Ahmad Zulpikar itu dalam sambutannya menyampaikan ketika dirinya ditugaskan di Payakumbuh 1 tahun silam, dia memimpin PN juga masih tanpa adanya wakil ketua.

“Ternyata PN Payakumbuh sudah 4 tahun tak ada wakil, terakhir pada tahun 2017 saat itu adalah bapak Djarot Widiatmono,” katanya.

Menurutnya, pelantikan jabatan adalah hal biasa di lingkungan lembaga pemerintahan. Dirinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmar Zulpikar dan percaya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tuntunan Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan memperkuat formasi Pengadilan Negeri, tugas kita memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami percaya karena beliau pindahan dari pengadilan Jember di Jawa Timur, itu kelasnya IA, perkara yang disana saja lebih dari 2000,” terangnya.

Dengan pengalaman itulah, Kurniawan Wijonarko berharap kehadiran wakil ketua PN Payakumbuh yang baru dapat membantunya memimpin dan melaksanakan program dari Mahkamah Agung, serta mewujudkan Zona Integritas, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

“Kami berharap tentu bisa bersinergi dengan instansi lainnya, karena di tengah tuntutan masyarakat, ada dinamika luar biasa. Harus benar-benar menjadi pelayan profesional bagi masyarakat dalam penegakan hukum,” ungkapnya.

Kurniawan mengakhiri sambutannya dengan pantun, “Pergi ke Pekanbaru jangan lupa singgah ke Harau, selamat datang wakil ketua yang baru semoga PN Payakumbuh makin maju”.

Sementara itu, Wakil Ketua PN yang baru dilantik Ahmad Zulpikar adalah keturunan urang Sunda, dirinya menyampaikan bagaimana perjalanannya karirnya sebagai abdi negara, mulai dari pengadilan negeri di Aceh hingga Jawa Timur. Dirinya akan mendukung kebijakan Ketua PN, berudua menjadi motor penggerak bagi PN bersama ketua memajukan Payakumbuh sehingga misi Mahkamah Agung bisa dicapai.

“Mungkin selama ini agak berat menjalankan pimpinan tanpa wakil, kami akan melayani pencari keadilan sebaik-baiknya, karena itu fundamental bagi penegak hukum. Koordinasi kejaksaan, kepolisian, pemerintah, dan instansi lain dalam mendorong pelayanan publik terbaik, mohon kiranya kehadiran kami dapat diterima dengan baik, karena ini baru pertama bertugas di Ranah Minang,” ulasnya.

Sementara itu Wali Kota Riza Falepi yang berhalangan hadir saat dihubungi media menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ahmad Zulpikar di Payakumbuh. Dirinya berharap semoga betah dan dapat menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

“Selamat datang di Kota Randang, semoga dengan telah memiliki pejabat wakil ketua, Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh dapat terus bersinergi dengan pemko memberikan layanan hukum yang adil dan prima bagi warga kami,” pungkasnya.(Ton)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 4 Tahun Sendiri, Akhirnya Ketua PN Payakumbuh Sekarang Punya Wakil Ketua

Terkini

Iklan