Iklan

header-topsumbar-com

Iklan

Balai-balai Adat Nagari Aia Batumbuak Diresmikan oleh Bupati Solok

12/31/20, 23:40 WIB Last Updated 2020-12-31T16:40:59Z
pesona-indonesia

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM

topdumbar.com │Kabupaten Solok  
Bupati Solok bersama rombongan menghadiri undangan peresmian Kantor Adat Nagari (KAN) Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok pada hari Sabtu, 26 Desember 2020, yang bertempat di Kantor Adat Nagari Aia Batumbuak.

Pada peresmian KAN Aia Batumbuak tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan didampingi oleh Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si serta Camat Guntal, hadir juga Wali Nagari Aia Batumbuak Yuneldi dan Ketua KAN Aia Batumbua Wali Nagari Koto Gadang Guguak Carles Camra, BMN Nagari Aia Batumbuak serta para tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok H. Gusmal mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat Aia Batumbuak yang telah mendirikan kantor kelembagaan adat, dengan harapan semoga kantor ini dipergunakan sebaik-baiknya, dalam rangka menata kehidupan masyarakat dengan adat istiadat yang di terima secara turun temurun dari nenek moyang kita.

Sudah kita ketahui bersama, bahwasanya balai-balai adat atau Kantor Kerapatan Adat Nagari, baik secara umum maupun khusus digunakan oleh niniak mamak atau para pemangku adat dalam membicarakan kehidupan bermasyarakat sekaitan dengan ‘adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah‘.

“Dalam hal ini, niniak mamak, kalau ingin merubah kehidupan adat istiadat, adat nan salingka nagari dibicarakan disini (KAN). Yang tidak boleh kita rubah, adat yang sabatang panjang. Adat yang salingka nagari, boleh kita rubah. Asal sepakat angku-angku niniak mamak dan bundo kanduang,” jelas ketua LKAAM Kabupaten Solok tersebut.

“Yang dikatakan dengan adat sabatang panjang adalah yang peratama pusako turun dari mamak kepada ke kamanakan. Suku menurut garis keturunan ibu,” tutup Bupati Solok H. Gusmal.

Beriringan dengan itu, Wali Nagari Aia Batumbuak Yuneldi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kita sampaikan kepada Bupati Solok sekaligus sebagai ketua LKAAM Kabupaten Solok, Mudah-mudahan setelah diresmikan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) ini, semoga bisa kita fungsikan sebagamana mestinya.

Dan, ucapkan terima kasih kita sampaikan kepada seluruh panitia, tokoh masyarakat, bundo kanduang, PKK yang terlibat aktif dalam mensukseskan peresmian balai-balai adat nagari Aia Batumbuak, sebab, hanya dalam waktu seminggu kita bisa siapkan agenda peresmian KAN ini.

“Kita mewakili sebagai pemerintahan nagari nantinya akan menyerahkan kepada KAN dan pergunakanlah balai adat ini sesuai dengan fungsinya dan kita siap memfasilitasi segala kekurangan serta agenda serta kegiatan yang akan dilakukan KAN. Pemerintahan nagari akan selalu transparan dan terbuka demi majunya nagari Aia Batumbuak ke depannya,” tutup Yuneldi.

Selanjutnya, Alfon Satria sebagai Ketua Panitia melaporkan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat kerja sama seluruh unsur yang ada di nagari, Baik itu pemerintah nagari, KAN, BPM, bundo kandung, pemuda dan seluruh masyarakat ikut aktif berpartisipasi demi mensukseskan peresmian balai adat di nagari Aia Batumbuak ini.

“Kami, selaku panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok, perantau yang hadir dan seluruh masyarakat Aia Batumbuak,” ucap Alfon Satria sembari menutup laporannya sebagai ketua panitia.(Andar MK)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Balai-balai Adat Nagari Aia Batumbuak Diresmikan oleh Bupati Solok

Terkini

Iklan